Cara Mudah Memasarkan Usaha Makanan Ringan
Berbisnis makanan ringan kelihatannya
mudah dan menarik untuk dilakukan, tapi setelah benar-benar terjun ke
dalamnya ternyata tak semudah yang dibayangkan. Penyebabnya antara lain
karena banyaknya pengusaha lain yang juga terjun ke bisnis
ini. Tapi jangan khawatir, bila anda ingin memulai bisnis makanan
ringan, mungkin beberapa strategi sukses di bisnis makanan ringan yang
akan saya bagi ini bisa menginspirasi anda agar bisnisnya lebih sukses
Inilah beberapa strategi sukses di bisnis makanan ringan :
1. Kemasan Yang Menarik. Buatlah
kemasan yang beda dari yang lainnya. Hal ini akan memberikan stimulan
pada pelanggan baru untuk mencicipi produk anda. Ayo curahkan
kreatifitas anda untuk membuat kemasan yang menarik, Kalau kreatifitas anda masih beku, untuk mencairkannya anda bisa mencari inspirasi di nternet, majalah, atau lingkungan sekitar yang penting menarik dan harus tidak sama dengan yang lainnya ya
2. Rasa Enak dan Khas. Setelah
kemasan terlihat menarik, anda juga harus memperhatikan rasa dari
makanan yang anda tawarkan. Jangan cuma enak tapi juga harus memiliki
kekhasan tersendiri. Memang butuh beberapa proses untuk menghasilkan
suatu makanan yang enak dan khas. Nikmatin aja prosesnya karena nantinya
resep yang akan anda temukan itu akan menjadi aset penting bagi bisnis anda, Kenapa harus beda rasanya? karena
jika rasanya sama dengan produk sejenis milik orang lain, anda tidak
akan punya kelebihan sehingga orang hanya akan memperhatikan harga. Artinya harga termurahlah yang akan dipilih pembeli. Akhirnya yang ada hanya perang harga antara anda dan kompetitor. Anda harus keluar dari persaingan harga karena usaha anda akan sulit berkembang.
3. Sediakan Sample.
Jika produk anda belum begitu dikenal, untuk lebih memperkenalkannya
anda juga perlu memberikan sample produk. Tapi sebelumnya anda harus
memenuhi 2 syarat di atas dulu ya, yaitu rasanya enak dan khas.
Tujuannya agar orang berpaling ke produk anda karena rasanya lebih enak
4. Komunikasi dan Promosi. Semua
jenis usaha harus dikomunikasikan secara baik ke target pasar anda.
Buatlah brosur sederhana yang berisi jenis makanan ringan yang anda
jual, harga, dimana tempat untuk bisa membeli produk anda dan juga nomor
hp/telpon anda. Jika anda memilik website, facebook
atau twitter jangan lupa dicantumkan juga di brosur itu. Dalam brosur
itu anda harus menyebutkan kelebihan makanan ringan anda, misalnya
dengan menempelkan stiker “Makanan ringan sehat, bergizi dan higienis”, “Camilan renyah dari bahan alami”
dan masih banyak yang lainnya, lagi-lagi ini tergantung kreatifitas
anda Letakkan brosur di outlet tempat anda menjual produk dan jika perlu
bagikan juga ke kompleks ruko/perumahan.
5. Product Bundling. Biasanya
dilakukan pada event-event tertentu, misal natal, tahun baru, lebaran
dsb. Parcel adalah salah satu bentuk bundling. Berikan sedikit hiasan
pada produk yang anda jual agar pas dengan momen yang ada.
6. Terima Pesanan.
Sebaiknya anda juga menerima pesanan untuk berbagai acara, seperti ulang
tahun, khajatan dsb. Berikan layanan yang berkesan pada semua orang
yang memesan produk anda. Layanan yang baik (Service excellence) dan
berkesan pada pelanggan anda akan mendorong terbentuknya pelanggan yang
loyal. Pada akhirnya pelanggan loyal inilah yang akan membantu
menyebarkan produk anda secara positif. Dengan demikian strategi promosi
mouth to mouth akan berjalan dengan baik
Demikian tips yang bisa saya bagikan,
semoga bermanfaat, dan kalau ada yang kurang dengan strategi di atas,
kotak komentar siap menampung kekurangan itu
salam sukses