Cara Membedakan Subclass Dalam Kereta Api

Subclass Dalam Kereta Api


Anda perlu tahu apa itu Subclass Dalam Kereta Api. Pengertian subclass pada kereta api pada awalnya adalah sistem klasifikasi dalam satu kereta dimana penumpang kereta api berhak mendapatkan kenyamanan didalam satu rangkaian kereta api. Contoh kasus, subclass termahal menjauhi lokomotif, tidak dekat dengan toilet, bukan berada pas ditengah roda kereta api. Seiring perkembangan pelayanan perkeretaapian, maksud subclass pada kereta api itu sendiri berubah.  

Subclass merupakan penghargaan PT. KAI kepada pelanggan yang telah melakukan pemesanan tiket kereta api jauh – jauh hari dalam hal ini H-90. Pelanggan dapat memilih sendiri tingkat tarif yang lebih rendah – lebih tinggi. Karena soal kenyamanan semua sama rata, mau duduk di yang dekat toilet, mau ditengah-tengah juga kenyamanan tetap sama, keretanya dekat pembangkit, lokomotif, atau ditengah rangkaian kenyamanan semua sama rata. Perbedaan pada setiap subclass yaitu pada posisi tempat duduk.
Subclass dalam kereta api Eksekutif adalah A, H, I, J dimana subclass A paling mahal harganya, berurutan H, I, J.
Subclas dalam kereta api
Untuk Subclass pada KA Bisnis adalah B, K, N, O. Urutan paling mahal adalah subclass B.
Subclass pada KA Ekonomi AC Komersil adalah C, P, Q, S dimana harga paling mahal di subclass C.
Pada kelas eksekutif, subclass J, I dan H biasanya terletak di kereta paling depan dengan harga yang lebih rendah, sedangkan sub class A posisinya di tengah – belakang dan harganya lebih tinggi.
Pada kelas bisnis, sub class K, N, dan O biasanya terletak di kereta paling depan dengan harga yang lebih rendah, sedangkan sub class B posisinya di tengah – belakang dan harganya lebih tinggi.
Pada kelas ekonomi AC, sub class S, Q,dan P biasanya terletak di kereta paling depan dengan harga yang lebih rendah, sedangkan sub class C posisinya di tengah – belakang dan harganya lebih tinggi.

Kesimpulan
Calon penumpang diberikan hak memilih bagi yang memesan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Sola kenyamanan dan selera di dalam kereta itu tergantung penumpangnya. Ada yang suka dekat borders kalau ke kamar mandi lebih dekat, ada yang suka dekat lokomotif, ada yang suka di tengah-tengah dan sebagainya. Pelayanan tetap sama-sama nyaman di dalam satu rangkaian kereta api.
Cukup sekian mengenai Subclass Dalam Kereta Api, pengertian dan maksud subclass yang ada pada rangkaian kereta api.

Sumber : http://keretaapikita.com/subclass-dalam-kereta-api/