Cara Membuat Minyak Wangi


Cara Membuat Minyak Wangi:

1. Pembuatan minyak wangi dengan cara merebus-melunturkan (Infusie Metode)

* Ambillah bunga yang telah dipilih baik-baik, kemudian campurkan dengan vaseline dan panaskan sampai 65 derajat C, selanjutnya aduk sampai menjadi beku.
* Vaselin tersebut biarkan sampai 24 jam lamanya, kemudian masak lagi ampai menjadi encer. Selanjutnya saringlah vaseline tersebut dan buanglah bunga yang sudah terpakai dan ganti dengan bunga baru.
* Ulangi proses ini beberapa kali hingga vaseline menjadi berbau wangi. Biasanya 1 kg vaseline membutuhkan 5 kg bunga.

2. Pembuatan minyak wangi dengan cara memindahkan (Enfleurage Methode)

* Ambillah vaseline dan oleskan di atas kaca secara merata, lalu di atasnya ditaburi bunga. Selanjutnya tumpuklah kaca tersebut dalam sebuah peti.
* Apabila bunga telah layu, gantilah dengan bunga baru yang masih segar, sehingga akan diperoleh vaseline yang berbau wangi.

3. Pembuatan minyak wangi dengan cara menghancurkan (Extratie Methode)

* Ambillah bunga atau wangian lain dan hancurkan dengan cloroform. Sulinglah (distilasi) dengan panas yang rendah sehingga bahan wangi-wangian tetap berbau.
* Buanglah bahan penghancur (cloroform) dengan cara mengangin-anginkan dengan luchtroom, lalu cucilah dengan air.
* Vaselin atau bahan gemuk lain yang telah berbau wangi dinamakan "Pomade". Jika pomade ini dicampur dengan alkohol dan tiap 2 jam dikocok, maka akan menghasilkan "EXTRAKTEN".
* Vaseline tersebut terlebih dahulu dilelehkan dengan mencampurkan bibit tawas dan garam, lalu diaduk hingga menyatu. Dapat pula dicampur acidum benzoicum dan acidum solicylicum agar dapat tahan lama dan tidak rusak.