Usaha Keripik Pisang

Membuat Keripik Pisang yang Renyah

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat nikmat jika disantap segar maupun sebagai kudapan. Tapi, jika ingin mengolahnya
menjadi
keripik
perlu
pengetahuan

dan keterampilan agar menghasilkan keripik yang renyah, enak dan tahan lama.

Kriteria keripik pisang yang baik dapat dilihat dari bentuknya yang utuh, tipis, dan dapat tahan dalam waktu yang lama. Jika dilihat dari teksturnya, keripik pisang yang baik jika digigit akan renyah, tidak keras, tidak lembek dan tidak mudah hancur. Dari segi rasanya pun enak, gurih, manis dan tidak mengeluarkan aroma tidak sedap lain. Jenis pisang yang paling cocok digunakan untuk membuat keripik adalah semua jenis pisang yang memiliki tekstur buah padat dan tidak lembek, seperti pisang tanduk, pisang kepok, dan pisang uli.

Bahan-bahan pendukung lainnya yang digunakan dalam membuat keripik pisang adalah air kapur sirih, air, minyak goreng dan bumbu-bumbu penyedap lain, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, garam, chicken powder dan bumbu-bumbu lain sesuai selera. Semua bahan dan bumbu yang digunakan sebaiknya dengan kualitas yang terbaik, sehingga hasilnya pun akan lebih maksimal. Selain bahan, peralatan yang wajib dan mudah digunakan untuk membuat keripik pisang antara lain, pisau dengan mata pisau yang sangat tajam atau dapat juga menggunakan pisau serut khusus, untuk mendapatkan hasil irisan pisang dengan ketipisan yang seragam.